Profil Negara Kanada

Selasa, 21 Mei 2013 ·

Kondisi Geografis
Luas wilayah Negara Kanada sebesar 3.851.814 mil persegi (9.976.140 kilometer persegi). Garis pantai sepanjang 151.485 mil (243.791 kilometer). Iklim bervariasi dari subtropis di selatan dan untuk subarctik dan arktik di utara. Titik tertinggi di Gunung Logan yakni 19.551 kaki (5.959 meter). Sumberdaya alam yang terdapat di negara ini meliputi mineral, ikan, kayu, batu bara, minyak bumi, gas alam, PLTA.

Adapun pemanfaatan lahan yang terdapat di Kanada meliputi hutan  sebesar 54 persen, tanah subur (lahan garapan) sebesar 7 persen, dan lainnya 39 persen. Sungai utama di negara ini meliputi St Lawrence, Mackenzie, Yukon, Fraser, dan Red. Ada 10 provinsi di negeri ini yakni meliputi Provinsi British Columbia, Alberta, Saskatchewan, Manitoba, Ontario, Quebec, New Brunswick, Nova Scotia, Newfoundland, dan Prince Edward Island. Sedangkan daerah teritorial terdiri dari 3 daerah yakni Yukon Territory, Northwest Territories, dan Nunavut.

Penduduk
Jumlah penduduk di Kanada sebesar 31 juta jiwa dan tingkat kepadatan penduduk sebesar 8 orang per mil persegi atau 3 orang per kilometer persegi). Adapun distribusi penduduk tersebar di perkotaan 80 persen dan di perdesaan 20 persen. Tingkat harapan hidup di negeri ini yakni berumur 79 tahun. Angka melek huruf sebesar 97 persen.

Adapun kota besar di Kanada meliputi Kota Vancouver, Calgary, Toronto, Ottawa, Montreal, Qu├ębec City, dan Halifax. Ibukota Negara Kanada adalah Kota Ottawa. Bahasa resmi Negara Kanada adalah Bahasa Inggris dan Perancis. Adapun agama yang terdapat di negara ini meliputi 46% Katolik Roma, 36% Protestan, dan 18% lainnya. Adapun lagu kebangsaan Negara Kanada berjudul "O Canada".

Pemerintahan
Bentuk pemerintahan di negera ini adalah konfederasi dengan demokrasi parlementer. Parlemen terdiri dari dua, yakni (i) DPR yang berjumlah 301 anggota yakni anggotanya dipilih oleh rakyat dan (ii) Senat yang berjumlah 104 anggota yakni anggotanya ditunjuk oleh rekomendasi dari Perdana Menteri. Adapaun Kepala Pemerintahan dikepalai oleh Perdana Menteri. Kepala Negara British Crown terwakili di Kanada oleh Gubernur Jenderal.

Kabinet Panel menteri ditunjuk oleh Perdana Menteri dari anggota-anggota partai mayoritas di Parlemen. Pemilihan Umum (Pemilu) merupakan hak semua warga Negara Kanada yang berusia 18 tahun dapat memilih. Adapun hari kemerdekaan Negara Kanada pada tanggal 1 Juli 1867 dari Inggris.

Ekonomi
Mata uang di Negara Kanada yakni dolar Kanada (CDN $). Adapun ekspor utama di negara ini meliputi gandum dan produk pertanian lainnya, kertas koran, bubur kayu, kayu, minyak bumi, gas alam, logam, peralatan telekomunikasi, kendaraan bermotor dan bagian-bagiannya, barang-barang manufaktur, pembangkit listrik tenaga air.

Adapun mitra utama ekonomi Negara Kanada meliputi Amerika Serikat, Jepang, Inggris Raya. Kunci sektor ekonomi di negara ini yakni sektor jasa 67 persen dari produk domestik bruto (PDB), sektor industri 25 persen, dan pertanian 2 persen. Pendapatan per kapita negara ini sebesar $ 24.800 (US $).

Referensi:
Desaulniers K.L., 2003, Modern World Nations-Canada, USA, Chelsea House Publishers

Related Post

2 komentar:

Kurniawan Ahmad mengatakan...
22 Mei 2013 08.12  

terimakasih sudah berbagi sobat!

Saya jarang sekali belajar beginian jadi tambah ilmu deh!

Happy blogger!

Taqorrub Ubaidillah mengatakan...
22 Mei 2013 16.08  

yupz sama-sama mas :)

Cari Artikel

Memuat...