Profil Negara Austria

Senin, 25 Maret 2013 ·

Penduduk
Nama resmi Negara Austria adalah Republik Austria (Republik Österreich) dan Ibukota Negara adalah Kota Wina (jumlah penduduk 1.533.000 jiwa tahun 1991) sebagai pusat pemerintahan. Adapun kota-kota besar yang lain adalah Kota Graz (jumlah penduduk 232.000 jiwa tahun 1991), Kota Linz (jumlah penduduk 202.000 jiwa), Kota Salzburg (jumlah penduduk 143.000 jiwa), dan Kota Innsbruck (jumlah penduduk 114.000 jiwa).

Bahasa resmi Negara Austria adalah bahasa Jerman. Adapun luas wilayah negara ini sebesar 32.378 mil persegi atau 83.858 kilometer persegi. Jumlah penduduk di Negara Austria berdasarkan sensus penduduk tahun 1998 adalah 8.070.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 249 jiwa per mil persegi (sensus tahun 1998). Adapun agama yang terdapat di Negara Austria adalah Agama Katolik Roma 78%, agama Protestan 5%, dan sisanya 17% persen tidak ada atau agama lain.

Kondisi Geografis
Titik tertinggi di Negara Austria berada di daerah Grossglockner dengan elevasi 12.460 kaki atau 3.798 meter diatas permukaan air laut. Di negara ini terdapat jalur pegunungan Alpen Austria yang meliputi Bavaria, Carnic, Kitzbühel, Lechtal, dan Ötzal. Adapun sungai utama di negara ini meliputi Sungai Danube, Drava, Enns, Inn, dan Mur.

Ekonomi
Mata Uang di Negara Austria adalah Euro (mata uang dahulu adalah schilling Austria, kemudian diganti pada bulan Januari 2002 menjadi Euro). Produk Pertanian utama di negara ini adalah padi, buah-buahan, kentang, dan gula.

Adapun industri utama di negara ini adalah bangunan, mesin, kendaraan dan suku cadang, makanan, bahan kimia, kayu dan pengolahan kayu, kertas dan karton, peralatan komunikasi, pariwisata. Sedangkan sumber daya alam yang terdapat di negara ini adalah bijih besi, minyak, kayu, magnesit, timah, batubara, lignite, tembaga, dan hydropower.

Pemerintahan
Bentuk pemerintahan di Negara Austria adalah Republik Federal. Penduduk yang sudah berusia 19 tahun sudah mempunyai hak pilih untuk memilih presiden. Majelis Legislatif berupa Bikameral yakni terdiri dari dua rumah legislatif, Dewan Nasional
(Nationalrat), dan Dewan Federal (Bundesrat).

Adapun pemerintahan di Negara Austria dikepalai oleh Kanselir, sedangkan kepala negara dikepalai oleh Presiden. Adapun provinsi (Länder) di negara ini terdiri dari 9 provinsi, yakni Provinsi Burgenland, Provinsi Carinthia, Provinsi Austria Bawah, Provinsi Austria Atas, Provinsi Salzburg, Provinsi Styria, Provinsi Tyrol, Provinsi Wina, dan Provinsi Vorarlberg.

Referensi:
Allport A., 2002, Modern World Nations – Austria, New York, Chelsea House

Artikel Terkait:
Profil Negara Ethiopia
Profil Negara Afghanistan
Profil Negara Bahrain
Profil Negara Bangladesh

Related Post

0 komentar:

Cari Artikel

Memuat...