Tips Menyusun TA, KTI, Skripsi

Senin, 27 Desember 2010 · 0 komentar

Tugas akhir dalam perkuliahan adalah menyusun sebuah laporan penelitian yang biasa di sebut dengan Tugas Akhir (TA) untuk D III, atau Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk D III bidang kesehatan, atau Skripsi untuk S. 1. Tak heran jika ternyata banyak mahasiswa yang frustasi karena menyusun skripsi tersebut seperti yang sedang saya alami waktu itu  :) Namun demikian sebenarnya ada beberapa faktor yang menghambat penyusunan skripsi tersebut mungkin faktor tersebut bisa dari dosen pembimbing, atau dari judul skripsi, atau dari mahasiswa itu sendiri. Terkadang mahasiswa sibuk dengan urusanya sendiri dan mengabaikan skripsinya, ya mungkin sibuk dengan bermalas-malasan di kost atau sibuk dengan organisasi atau mungkin sibuk karena bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup di kost.

Tips Merawat Komputer

Kamis, 23 Desember 2010 · 0 komentar


Mungkin saat ini, computer menjadi suatu barang yang wajib dikenal and diketahui terutama oleh kebanyakan mahasiswa. Memang tidak wajib, namun kita mengenal computer tentu saja akan membuat apa yang kita kerjakan semakin mudah. Pun lebih dari itu, sekumpulan computer yang terhubung dalam jaringan atau network dapat digunakan untuk berbagi sumber daya and informasi. Pertanyaan yang sering mucul adalah, bagaimana kah cara yang bisa dilakukan tuntuk merawat computer..?

Lembar Observasi Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Rabu, 22 Desember 2010 · 4 komentar

Dalam usaha menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif, guru diharapkan aktif dalam segala hal. Salah satu tugas guru yang bisa dibilang cukup penting adalah mengamati jalannya proses pembelajaran. Guru selain berperan sebagai pengajar, juga berperan sebagai observer selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Tentu untuk mengamati kegiatan siswa tidak cukup hanya mengandalkan panca indera, namun butuh suatu pedoman/panduan yang terstruktur dan terorgansir, dengan tujuan agar apa yang ingin diamati dari proses pembelajaran tersebut terarah sesuai dengan tujuan. Berikut merupakan sedikit contoh lembar observasi aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Mudah-mudahan contoh sederhana ini dapat bermanfaat untuk anda. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.


Angket Keadaan Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa

· 0 komentar

Ketika kita hendak melaksanakan kegiatan penelitian lapangan, tentu kita harus mempersiapkan berbagai macam sarana-prasarana yang nantinya akan digunakan dalam penelitian. Misalnya kita harus mempersiapkan dana, tenaga, surat izin penelitian dan lain sebagainya. Namun, ada satu alat yang menurut saya itu cukup penting, yakni alat penelitian. Alat ini nantinya digunakan untuk mengumpulkan data lapangan. Sehingga ketika kita di lapangan, kita bisa fokus dalam pengambilan data dengan adanya alat ini.

Analisis Pengaruh Efisiensi terhadap Return Saham Bank di Bursa Efek Jakarta

Kamis, 09 Desember 2010 · 0 komentar


Laporan  keuangan  perusahaan  go  public  yang  dipublikasikan  merupakan salah  satu  sumber  informasi  yang  sering  digunakan  oleh  investor  untuk  mengambil keputusan.  Berdasarkan  angka-angka  yang  terdapat  pada  laporan  keuangan,  investor dapat mengetahui kinerja perusahaan selama periode laporan, membandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya maupun laporan keuangan yang diterbitkan oleh emiten lain.

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas

· 0 komentar


Tujuan pembelajaran matematika di jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah adalah untuk mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkembang melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efisien, dan efektif (Puskur, 2002). 

Program KB di Indonesia

· 3 komentar


Pengertian KB
·      Upaya peningkatkan kepedulian masyarakat dalam mewujudkan keluarga kecil yang bahagia sejahtera (Undang-undang No. 10/1992).
·      Keluarga Berencana (Family Planning, Planned Parenthood) : suatu usaha untuk menjarangkan atau merencanakan jumlah dan jarak kehamilan dengan memakai kontrasepsi.
·      WHO (Expert Committe, 1970), tindakan yg membantu individu/ pasutri untuk: Mendapatkan objektif-obketif tertentu, menghindari kelahiran yang tidak diinginkan, mendapatkan kelahiran yang diinginkan, mengatur interval diantara kehamilan dan menentukan jumlah anak dalam keluarga.
Tujuan Program KB
·      Tujuan umum adalah membentuk keluarga kecil sesuai dengan kekutan sosial ekonomi suatu keluarga dengan cara pengaturan kelahiran anak, agar diperoleh suatu keluarga bahagia dan sejahtera yang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.
·      Tujuan lain meliputi pengaturan kelahiran, pendewasaan usia perkawinan, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.
·      Kesimpulan dari tujuan program KB adalah: Memperbaiki kesehatan dan kesejahteraan ibu, anak, keluarga dan bangsa; Mengurangi angka kelahiran untuk menaikkan taraf hidup rakyat dan bangsa; Memenuhi permintaan masyarakat akan pelayanan KB dan KR yang berkualitas, termasuk upaya-upaya menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak serta penanggulangan masalah kesehatan reproduksi.

Definisi, Ruang Lingkup, Konsep Dasar dan Peristilahan dalam Geomorfologi

Jumat, 03 Desember 2010 · 0 komentar

Kata  Geomorfologi  (Geomorphology)  berasal  bahasa  Yunani,  yang  terdiri  dari  tiga  kata yaitu: Geos  (erath/bumi), morphos  (shape/bentuk), logos  (knowledge  atau ilmu  pengetahuan).    Berdasarkan  dari  kata-kata  tersebut,  maka  pengertian  gomorfologi merupakan  pengetahuan  tentang  bentuk-bentuk  permukaan  bumi.    Namun, Geomorfologi  bukan  hanya  mempelajari  bentuk-bentuk  muka  bumi,  tetapi    lebih  dari  itu  mempelajari  material  dan  proses,  seperti  yang  dikemukakan  oleh  Hooke  (1988)  dalam Sukmantalya  (1995: 1),  bahwa: Geomorphologist  are  concerned  with  the  form  and processes  of  the  earth’s  surface  so  any  activity  which  modifies  the  shape  of  the  land, induces  movement  of  material  or  alters  the  quantity  or  quality  of  water  and  drainage,  is interest to them.

Pembelajaran Kooperatif

Kamis, 02 Desember 2010 · 0 komentar

Pembelajaran kooperatif telah dikembangkan secara intensif melalui berbagai penelitian, tujuannya untuk meningkatkan kerjasama akademik antar siswa, membentuk hubungan positif, mengembangkan rasa percaya diri, serta meningkatkan kemampuan akademik melalui aktivitas kelompok. Dalam pembelajaran kooperatif terdapat saling ketergantungan positif di antara siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Setiap  siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk sukses.

Cari Artikel

Memuat...